Labels

Saturday 5 May 2012

About Owl City

            Mungkin Kalian sudah tidak asing lagi dengan judul lagu fireflies, A tip of The Iceberg, on the wing, dan vanilla Twilight. Tentu membaca atau mendengar judul lagu tersebut pasti kata Owl City - lah yang muncul di benak kita. Yupss... semua Judul Lagu tersebut merupakan ciptaan dan dipopulerkan oleh Owl City, yang dibentuk oleh seorang pemuda tampan bernama Adam Randal Young. 

      Adam Randal Young lahir 5 Juli 1986 adalah seorang musisi, multi-istrumentalist, sekaligus produser dan pendiri Owl City. Dengan kepribadian yang ramah dan keterampilan yang didapatkan dengan cara otodidak, Owl City a.K.a Adam Young merilis album pertamanya "Of June" pada 21 April 2007 sendirian (wow !!!) , kemudian merilisnya kembali melalui Universal Republic pada album Ocean Eyes.

        "Aku merekam seluruh album pada PC Dell tua di lantai dasar yang gelap dan penuh dengan serangga dan semacamnya," kata Young sambil tertawa. Young mempergunakan waktu malam hari dan memanfaatkan insomnianya, dengan mendirikan sebuah studio di ruang bawah tanah orang tuanya."Aku menggunakan program perekaman freeware GoldWave dan melakukan pemrograman dan sekuensing di Propellerhead Reason," kata Young. "Aku menggunakan sebuah mic kondensor Behringer tua dan mixer analog untuk merekam vokal dan gitar."
     Tinggal di Minnesota, yang terkenal dengan musim dinginnya, merupakan hal yang tidak bagi Adamp. "Aku harus mencabut tungku di ruang bawah tanah, setiap kali merekam," katanya, "dan pada saat aku selesai merekam vokal untuk sebuah lagu, tumbuhlah es di langit-langit. Tapi meskipun begitu, tak masalah bagiku karena sebagian dari dirikukan eskimo" candanya. Young selain menyanyi, juga memainkan, memrogram dan sequencing semua instrumen dengan menggunakan Propellerhead Reason's Malström synthzer secara eksklusif pada Ocean Eyes. "Semua melodi, kunci dan bass berasal dari synthzer itu," katanya. "Aku tidak menggunakan patch khusus, melainkan
membuat semua sendiri dari awal hanya menggunakan Malström dan instrumen lainnya. Saya menggunakan synth subtractor di sana-sini untuk mencerahkan campuran suara. "Young juga bergantung pada Reason untuk efek. "Aku menaruh kompresi dalam segala hal," katanya, "dan Reason memiliki unit reverb RV700 dengan menu delay yang memungkinkan Anda untuk menerapkan penyaringan high atau lowpass secara aktual. Tampaknya benar-benar menciptakan kedalaman dalam hal vokal." 
       Pada lagu "Umbrella Beach," Young bermain dengan beberapa fitur lain di Reason untuk mencapai transisi yang khas. "Saya otomatisasikan trek volume master secara keseluruhan dalam Reason dan menariknya di bagian slope sehingga menaikkan swoops, lalu memudar dengan sangat cepat tepat sebelum masuk choir," katanya.
       "Aku masih lengah, dan aku suka mood yang diberikan pada track tersebut. Aku tidak pernah benar-benar memiliki pikiran atau inspirasi untuk mencoba suara baru. Aku lebih suka bereksperimen sampai aku menemukan sesuatu yang kedengarannya bagus bagiku. Aku tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang teknologi cara kerja jalur sinyal atau tentang cara suara dapat diubah. Tapi aku lebih suka melakukan hal-hal seperti ini karena aku pikir itu mempertahankan integritas artistik, bahwa musik benar-benar tentang musik dan bagaimana cara seseorang merasa melalui telinga mereka. " Ucapnya. (Nice one Dude :D)
       Sementara banyak musik Young mungkin muncul di permukaan, seperti yang ia katakan, "Intentional Accident," sangat jelas bagaimana lagu-lagu seperti "The Saltwater Room, Vanilla Twilight, Cave In" yang membuat orang tertarik pada bakatnya. Mereka menampilkan sebuah sensibilitas melodi yang baik, terus terang dan tangkas cerdas, ditangkap dengan penentuan bukan ketergantungan pada peralatan top-notch.
       "Saya tidak tahu banyak tentang rekaman," kata Young, "tapi aku cinta musik yang dapat membuat saya merasa hidup, itu semua inspirasi yang saya inginkan. Bagiku, ini lebih dari sekedar penulisan lagu dan kreativitas daripada alat. Namun bagaimanapun jua, 'Mekanik hanya mampu sebaik alat yang digunakan,', dan aku ingin menjadi yang terbaik dari yang aku bisa. Jadi aku masih harus banyak belajar. " kata Adam Young.
         Dan faktanya, sekarang Owl City telah memiliki banyak fans, dan salah satunya adalah saya :D. Salah satu lagu yang paling aku sukai dari owl city adalah "On The Wing". Bagi teman-teman yang belum mengenal atau masih asing dengan Owl City, tunggu apa lagi beli  albumnya dan dengarkan, lalu  biarkan Musik bercerita.

Sumber : http://victorpoenyacerita.blogspot.com/2011/06/sekilas-tentang-owl-city-aka-adam-young.html dengan beberapa penyesuaian.

No comments:

Post a Comment