Labels

Monday 7 May 2012

INSTALASI Apache, My SQL, PHP dengan WAMPSERVER2

RESUME

PENDAHULUAN
Wampserver2  adalah satu paket  yang berisi aplikasi Apache, PHP, dan MySQL pada Windows. Alasan Mengapa Apache, PHP, MySQL di gabungkan kedalam satu pake aplikasi tidak lain terkait dalam menjalankan fungsinya, ketiga aplikasi ini saling berhubungan erat atau saling membutukan. Selain WampServer, terdapat paket aplikasi lainnya yang di dalamnya terdapat Apache, MySql, dan PHP. Diantaranya adalah : App Server, Xampp, dan Lampp.
PENGERTIAN APACHE, PHP,  DAN  MYSQL
Apache adalahsalahsatu Web Server yang paling sering digunakan pada internet. Web Server sendiri adalah suatu server yang memberikan service (layanan) kepada klien yang meminta informasi berkaitan dengan web. Web server sendiri terdiri dari dua komponen yang pertama adalah komputer itu sendiri dan software web server yang dipakainya, dalam hal ini apache.
PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanam kan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyakdipakaiuntukmemrogramsitus webdinamis.
            Kemudian, MySQL sendiri adalah salahsatu jenis DBMS yang banyak digunakan dalam hal mengatur sebuah sistem data base.
Dari Pengertian diatas jelas mengapa ketiga
aplikasi ini penginstalannya dibuat dalam satu paket.
WAMPSERVER
Jika WampServer belum terdapat dalam komputer, maka silahkan doawnload di http://www.wampserver.com/en/.  Kemudian silahkan buka dan lakukan proses instalasi sesuai petunjuk yang  diberikan. Jika proses instalasi berhasil  maka akan muncul sebuah ikon di sudut kiri bawah dekstop seperti ditunjukkan oleh gambarberikut:


JIka icon tersebut diklik maka akan muncul tampilan sebagai berikut



Berikut beberapa penjelasan dari bagian-bagian tersebut
1.      ‘Localhost’, berfungsi untuk menampilkan berkas file yang ada di pada root yang di tunjukolehWWW directory di browser.
2.      ‘phpMyAdmin’, merupakan tempat untuk mengakses database.
3.      ‘www directory’, merupakan tempat untuk membuka root penyimpan file-file, seperti file HTML, gambar, video, dll pada computer.
4.      Start All Services, Stop All Services, Restart All Services berfungsiuntukmengaktifkan, memberhentikan atau merestart  Apache, PHP, MySQL secarabersamaan.
5.      Put Online/ Put Offline, berfungsi untuk mengubah status wampservermenjadi Online atau Offline
>   Jika PUT OFF LINE maka hanya kita pemakai (computer utama) yang dapat melakukan olah data, melihat isi semua yang berada pada aplikasi wamp server ini.
>    Jika PUT ON LINE, maka aplikasi wamp ini akan dapat di akses oleh computer lain yang sama – sama menggunakan wamp dan terhubung ke computer kita ( semacam melakukan system LAN ) . sehingga dengan begitu pihak atau orang lain dapat mengakses data koleksi yang dimiliki walaupun itu terbatas.tetapi akses itu dengan memasukkan alamat IP yang sama dengan computer utama.



Bagian Apache, akanmuncul submenu sebagaiberikut



Berikutinifungsidaribeberapasubmenu dari menu Apache
1.      Service, merupakan submenu dimana kita bisa menginstal servis, menghentikan servis atau me-restart Apache pada komputer kita.
2.      Apache Modules, yaitu tempat untuk menentukan modul-modul yang akan dipasang di apache.

Pada BagianPHP, akan muncul submenu sebagai berikut


Berikut ini fungsi dari beberapa submenu dari menu PHP
1.      PHP settings, merupakan media untuk mengkonfigurasi PHP. Berkaitan juga dengan file php.ini.
2.      PHP.ini, berfungsi dalam proses pengkonfigurasian dari PHP.

Bagian MySQL, akan muncul submenu sebagai berikut



1.      Service, berisikan submenu berupa Stop Service, Restart Service, Start Service yang berfungsiuntukmengaktifkanaplikasi MySQL atauMemberhentikannya.
2.      My.ini, Berfungsi dalam proses Konfigurasi MySQL.
3.      MySQL console, Berfungsi untuk membuka MySQL dalam bentuk Interface.

No comments:

Post a Comment